Senin, 04 Agustus 2008

SEMINAR SEHARI


Panitia HUT MMTC ke 23 menyelenggarakan seminar sehari dengan judul “Peranan ICT Pada Pengembangan Program Media Elektronika” yang diadakan pada hari kamis,17 Juli 2008 bertemapt di auditorium STMM “MMTC” jalan Magelang km.6 Yogyakarta.

Dalam seminar tersebut Dr.Hermin Indah Wahyuni,M.Si. Dosen UGM membawakan materi “Perspektif Sosial dan Politik Pengembangan Program Media yang Berbasis ICT”

Dr. Hermin Indah Wahyuni, M.Si, mengatakan bahwa program media masa pada saat ini serangakian revolusi konvergensi merupakan ciri yang tak terbantahkan dan mendorong secara positif perkembangan industri media masa. Teknologi televisi kabel, ISDN, digitalisasi, penyiaran via satelit langsungataupun juga keberadaan mobile phone memungkinkan akses menciptakan situasi percepatan atau akselerasi informasi yang tak terbendung baik ditingkat nasional maupun global.


Lebih jauh Hermin Indah Wahyuni mengatakan perkembangan ICT dapat diarahkan pada pengembangan potensi masyarakat secara keseluruhan melalui serangkaian keterlibatan seluruh aktor (Negara, pasar atau masyarakat secara keseluruhan)

Ada tiga wacana dominan yang selalu mewarnai pembicaraan dalam pengembangan ICT pada media:
Determinisme teknologi
Demokrasi teknologi
Nasionalisme teknologi

Dalam seminar sehari tersebut di hadiri oleh ketua pelaksana yang sekaligus Kepala MMTC Yogyakarta, Bapak Henry Subiakto Staf ahli Menteri Bidang Media Masa para pejabat struktural di lingkungan MMTC, serta karyawan dan mahasiswa.

Tidak ada komentar: